Belajar sambil Nyantai di Taman Suropati, Kenapa Tidak?

Taman Suropati
Taman Suropati

Ada banyak cara yang dapat dilakukan dalam belajar. Tiap orang bisa saja memiliki cara yang bermacam-macam, sesuai dengan kondisi keyamanan yang diinginkannya.

Saya pribadi, sangat menyukai belajar dalam suasana terbuka, di tempat yang rindang, di bawah pepohonan yang asri, sembari menikmati semilir angin dan bunyi dedaunan. Mood saya akan dengan mudah saya dapatkan ketika mendapati suasana seperti itu.

Dahulu, waktu saya masih tinggal di kampung, saya dapat dengan mudah menemukan tempat-tempat seperti itu. Pepohonan dan taman-taman masih banyak terhampar di dekat kampung. Namun kini, ketika saya harus hidup di Jakarta, sepertinya itu cukup sulit, mengingat minimnya jumlah taman yang tersedia di kota ini.

Namun demikian, saya telah menemukan sebuah taman yang mampu membuat mood saya untuk belajar atau membaca buku menjadi hidup kembali. Taman itu adalah Taman Suropati.

DSC01195

Di Taman Suropati itu saya terbiasa menghabiskan hari-hari akhir pekan saya untuk sekadar membaca buku sembari ber-refreshing ria menikmati hembusan angin dan daun-daun yang bergoyang  karenanya.

Taman yang terletak di kawasan Menteng ini memang bukan merupakan sebuah tempat pariwisata komersil. Ia adalah taman kota biasa. Warga Jakarta atau siapapun boleh-boleh saja bermain-main di tempat ini.

Pada akhir pekan, banyak anak-anak dan orang tua yang berlatih biola di taman ini. Beberapa diantara mereka telah membentuk kelompok-kelompok dan rutin berlatih di tempat ini. Saya pribadi, turut menjadi penikmat permainan biola yang dilakoni mereka itu.

Kelompok Belajar Biola, banyak dijumpai di akhir pekan. Anda tertarik mengikutsertakan putra-putri Anda di Taman Suropati?

Banyak hal yang bisa dilakukan di tempat yang asri ini. Anak-anak dapat bermain sepeda, keluarga pun dapat ngumpul di tempat ini. Para pelajar bisa berdiskusi dan belajar bersama di tempat terbuka ini.

Saya sendiri, tetap dengan kebiasaan terdahulu. Ketika berkunjung ke tempat ini, buku adalah sesuatu yang wajib saya bawa.

Fun-bike Community
Fun-bike Community
Gak lengkap kalau ke Taman Suropati gak membawa buku bacaan
Gak lengkap kalau ke Taman Suropati gak membawa buku bacaan

Pokoknya, bagi Anda yang merindukan Jakarta yang asri, Jakarta yang adem, dan Jakarta yang semilir, dapat memilih tempat rekreasi gratis ini. Hanya satu saja pesan saya kepada Anda, jangan buang sampah sembarangan di tempat ini. Kasihan abang penjaga kebersihan yang bekerja siang malam untuk membersihkan sampah-sampah itu demi kenyamanan warga Jakarta yang ingin melepaskan penat dan membuang stres-nya di tempat ini.

Jangan sampai kita membebani pekerjaan bapak ini
Jangan sampai kita membebani pekerjaan bapak ini

Harapan saya, di Jakarta kelak akan semakin banyak taman-taman kota layaknya Taman Suropati itu. Jika perlu, ditambah pula dengan layanan perpustakaan terbuka di dekatnya sehingga para penikmat taman seperti saya semakin lupa akan waktu. Dengan begitu, kelak taman-taman di jakarta tidak hanya sebagai zona rekreasi semata, tetapi juga zona belajar yang efektif dan menyenangkan, bagi anak-anak pada khususnya. Mudah-mudahan saja Bapak Gubernur yang baru mempunyai ide yang sama dengan saya.😀

Demikian.. Semoga Bermanfaat.

****

2 thoughts on “Belajar sambil Nyantai di Taman Suropati, Kenapa Tidak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s